Musu Ade Tembe

Oleh : Alan Malingi

Foto Alan Malingi

Bima,Kabaroposisi--Istilah atau ungkapan ini sama dengan ungkapan Bahasa Indonesia yaitu Musuh Dalam Selimut. Musu berarti musuh. Ade berarti di dalam. Tembe berarti  sarung.Jadi arti dari ungkapan ini secara harfiah berarti musuh di dalam  Sarung. Ada juga yang menyebut musu ade dipi yang berarti musuh dalam tikar. Meskipun hanya dibedakan oleh Tembe dan Dipi, namun maknanya tetap sama yaitu musuh di dalam lingkungan sendiri.

Mungkin karena pada masa lalu di Bima belum ada selimut dan hanya ada sarung atau tikar, maka dicetuslah ungkapan Musu Ade Tembe atau musu ade dipi.

Musuh dalam selimut paling berbahaya daripada musuh yang berada di depan mata. Musuh ini cenderung bermuka dua atau sering bermain dua arah. Inilah musuh yang paling ampuh menjatuhkan seseorang daripada senjata senjata canggih. Kebanyakan pembesar pembesar jatuh karena musu ade tembe atau musu ade dipi.

Kenapa demikian? Karena musu ini ada di sekitar kita. Bisa jadi dia  adalah orang kepercayaan kita. Semua rahasia dia tau. Semua kelemahan kita dia tau. Sehingga sangat gampang dia menjatuhkan kita. Biasanya musu ade tembe ini bermaim di belakang layar. Dia adalah dalang dan pengatur skenario menjatuhkan kita.

Musu ade Tembe biasanya lahir dari sentimen, iri hati dan kedengkian yang tersembunyi dalam diri seseorang terhadap teman atau kerabatnya. Dia tidak ingin temannya berhasil. Maka dia harus mencari cara untuk menjatuhkan.

Mengantisipasi dan menghadapi orang seperti ini cukup sulit. Kita tidak akan pernah tahu kalau kita masuk dalam target skenario Musu Ade Tembe ini. Cara yang paling ampuh untuk menghadapi musu ade tembe adalah sabar dan tawakal kepada Allah. Dengan cara itu kita akan tetap bersikap tenang dan biarlah Allah yang akan membatalkan skenario Musu Ade Tembe. Bukankah Allah adalah Maha pembuat skenario?.

Sadia, 17 Agustus 2019.(Opini)

No comments

Powered by Blogger.