Akibat Curah Hujan, Jembatan Penghubung Ditambora Terputus

foto: Jembatan Terputus Penghubung Dua Kecamatan Di Tambora,BIMA-NTB.
Bima,Kabaroposisi.Com--Jembatan penghububg antar Kecamatan di Dusun Rasa Nggaro Desa Rasabou Kecamatan Tambora terputus akibat diterjang banjir yang diakibat Intensitas curah hujan yang cukup tinggi mengguyur Wilayah Kecamatan Tambora Kabupaten Bima-NTB, pada Senin (13/01/20) sekira pukul 9:00 (Wita).

Berdasarkan informasi yang didapat media ini selain akibat hujan, banjir kiriman dari gunung juga meluap hingga ke ruas jalan lintas Desa Labuan Kananga, Kawinda Na'e dan Rasabou Kecamatan setempat.

Haryadin dihubungi media ini, mengungkapkan hujan yang datang kurang lebih tiga jam itu, tidak hanya membanjiri ruas jalan, namun banjir juga meluap hingga sampai ke beberapa persawahan Warga di Desa Kawinda Na'e.

" Banjir yang datang meluap di persawahan Warga itu, menerobos lewat irigasi setempat, sehingga tanaman Padi Warga yang baru tumbuh ditutupi lumpur," jelasnya, Senin (13/01/20).

Menurutnya, faktor utama terjadinya banjir tersebut, disebabkan gundulnya gunung di sekitar wilayah, akibat pembabatan hutan untuk dijadikan lahan perladangan. Sehingga air kiriman gunung begitu cepat menerjang perkampungan Warga, sebab tidak ada yang menyerap.

Dirinya berharap, terkait kerusakan hutan yang menjadi salah satu faktor utama datang banjir itu, harus menjadi atensi khusus Pemerintah Daerah, bila perlu diberikan efek jera. " Hal ini harus dijadikan atensi, bila perlu pelaku pengerusakan hutan dipenjarakan," harapnya.

Sementara itu, Pemerintah Kecamatan setempat menghimbau agar masyarakat
dapat meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana Alam, mengingat kondisi saat ini untuk Wilayah Tambora sudah memasuki musim penghujan dan
puncaknya di perkirakan pada bulan
januari dan Maret menandatang.(K001)

No comments

Powered by Blogger.