Kunker Di Dompu, Gubernur Ajak Warga Hobi Tanam Pohon Mangrove

foto: Suasana Penanaman Pohon Mangrove di Dompu.
Dompu,Kabaroposisi.Com--Gubernur NTB Dr. Zulkifliensyah, S.E., M.Sc melalui sambutannya mengajak warga antusias menanam pohon mangrove dan bisa luangkan waktunya dalam menanam pohon di hutan. 

Pantauan media ini, Kehadiran orang nomor satu Di NTB saat itu bergandengan dengan Bupati Dompu Drs. H. Bambang H.M.Yasin dengan sangat progres dan semangat dalam kegiatan bersama lewat penanaman Mangrove di dalam mendukung program kegiatan yang digagas dan diprakarsai oleh Ikatan Pelajar Mahasiswa Islam (IKAPMI) Dompu, berlangsung meriah di pantai Paropa Desa Malaju, Kecamatan Kilo, Kabupaten Dompu, Sabtu (11/1/2020) sore tadi.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas LHK NTB, Kepala Dinas Pertanian NTB, Kepala Dinas Perindustrian NTB, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Dompu, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Dompu, Endri Foundation, HelpOther, Komunitas Cici Banca, Kodim 1614/Dompu, Polres Dompu, Pemerintah Kecamatan Kilo, dan Pemerintah Desa se Kecamatan Kilo.

Gubernur NTB sapaan Bang Zul menitip harapan kepada warga masyarakat selain bersemangat menanam mangrove, namun ada hal yang perlu ditanam sesusai kepercayaan masing-masing yakni rasa cinta dan ketakwaan sebagai wujud penghambaan diri padanya.

"Sesungguhnya tidak ada yang kuasa melainkan atasnya. Gunakan waktu kita untuk menanamkan harapan itu guna menjadi bekal dunia lebih lagi di masa kelak,"harap Bang Zul.

Kegiatan yang dihadiri seluruh stakehoolders yang ada ini tampak terlihat juga rasa antusiasme pemuda dan masyarakat lingkup kecamatan Kilo menyambutnya langsung mengambil bagian untuk menanam Mangrove sepanjang pantai setempat.

Sebelum penanaman mangrove dilakukan, namun lebih awal Ketua IKAPMI Dompu Arif Rahman, menyampaikan sambutan yang intinya bahwa menghijauhkan hutan mangrove memiliki fungsi untuk mengendapkan lumpur di akar - akar bakau sehingga dapat mencegah terjadinya intrusi air laut ke daratatan.

Selain menjadi tempat berkembangnya berbagai biota pantai dan ekosistem laut, juga berfungsi sebagai langkah awal dalam  mencegah bencana di wilayah pesisir seperti;  air pasang, abrasi/pengikisan  pantai dan lainnya.

"Mangrove ini, salah satu upaya mitigasi bencana juga. Mari kita mengkampanyekan untuk penanaman mangrove dengan penuh semangat dalam diri kita tanpa harus menunggu uluran tangan dari pemerintah,"kata Arif.

Bupati Dompu H. Bambang H. M.Yasin (HBY) mengajak warga masyarakat Kilo untuk tetap semangat mendukung dan mendorong program penanaman mangrove yang diprakarsai anak-anak kita (IKAPMI) Dompu ini.

"Apalagi pak Gub. NTB bersama pemerintah daerah sudah berkomitmen untuk menghijauhkan wilayah NTB,"kata HBY.(K002)

No comments

Powered by Blogger.