Pemda Bima, Mulai Bantu Warga Sanggar

foto: Saat BPBD Droping Bantuan di Sanggar.Photo: RED.

BIMA,KabaroposisiNTB.Com--Pemerintah Daerah Kabupaten Bima menyalurkan bantuan bagi masyarakat kecamatan Sanggar yang kena banjir. Adapun berbagai bantuan berupa kebutuhan seperti kebutuhan makanan dan logistik serta peralatan rumah tangga untuk para korban banjir bandang yang terdampak di enam desa yang kena dampak dan kini mulai didistribusikan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah-BPBD Kabupaten Bima.

Bantuan tersebut langsung diserahkan kepada pihak Pemerintah kecamatan Sanggar, yang kemudian akan disalurkan untuk seluruh warga korban banjir yang terdampak.

Baca juga:Bupati Bantu Pribadi Kasmir Warga Rade Kena Musibah Kebakaran 

Kepala Pelaksana Badan Penaggulangan Bencana Daerah-BPBD kabupaten Bima, Aries Munandar mengatakan, beragam bantuan yang didistribusikan tersebut berupa kebutuhan makanan harian, Sembako, Mie Instan, dan juga peralatan rumah tangga lainnya," ungkapnya.

Baca Juga: Anggota Dewan Dapil III, Desak Bupati Bantu Warga Sanggar Terdampak Banjir

Selain itu juga, pihak BPBD juga menyuplai kebutuhan air bersih dengan menyediakan  Tandon air berserta aksesoris pendukungnya, yang ditempatkan secara menyeluruh di enam desa yang terdampak banjir, kemudian air bersih tersebut akan di back up melalui PDAM, Dinas Pekerjaan Umum, Cipta Karya, Dinas sosial, dan  PMI serta dari pihak BPBD Kabupaten Bima,''Kata Aries, Minggu (17/01/21).

Baca Juga: Kades: Lumpur dibersihkan, Warga Belum Dapat Bantuan

"Selain itu juga kami mendirikan posko induk dan dapur umum, lokasinya di halaman kantor camat, karena disini aman dari ancaman banjir yang bisa saja kembali terjadi," sambungnya.

Selaku Pimpinan Daerah, Bupati Bima  HJ Indah Damayanti Putri mengatakan, kedatangannya bersama dengan pihak BPBD dan Dinas Sosial beserta beberapa pihak lain yang berada di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bima, untuk memberikan bantuan tanggap darurat sekaligus melakukan peninjauan secara langsung terhadap para Korban banjir, mengingat peristiwa bencana banjir yang terjadi cukup parah, pihaknya berharap agar Pemerintah kecamatan Sanggar untuk melakukan rapat koordinasi kembali, karena penyebab terjadinya banjir yang kerap terjadi diwilayah kecamatan  Sanggar tersebut, diakibatkan wilayah pegunungan yang telah digunduli untuk dialihfungsikan sebagai lahan pertanian warga.

"Penyebab sering terjadinya banjir di Sanggar ini kan karena gundulnya gunung yang dialihfungsikan untuk lahan pertanian, jadi kami harap pemerintah kecamatan Sanggar akan melakukan rapat koordinasi, karena bagaimanapun tanpa adanya kesadaran dari masyarakat itu sendiri, banjir ini akan selalu terjadi," ungkapnya.(RED,KO.O1)

No comments

Powered by Blogger.