Dua Kapal diduga Muat Sapi Ilegal diamankan

foto: Dua kapal muat Sapi dari Flores NTT yang diamankan TNI AL.

Kota Bima,KabaroposisiNTB.Com--Kedua kapal yang memuat Sapi Kurang dari seratus ekor diduga tanpa memiliki surat keterangan jual beli di amankan oleh TNI AL. di Pelabuhan Bonto Kota Bima, pada hari sabtu, 13 Februai 2021.

Berdasarkan informasi dari pihak TNI Al, bahwa kedua kapal tersebut diamankan pada waktu yang berbeda, saat akan berlabuh di sekitar perairan Bonto, Asakota, Kota Bima. Pada awalnya TNI Al mengamankan kapal yang membawa 31 ekor ternak sapi, pada Jumat, 12 Februari 2021 sekitar pukul 20.30 Wita. Sementara penangkapan kedua dilakukan pada kapal yang mengangkut 61 ekor ternak sapi, Sabtu, 13 Februari 2021 pukul 06.30 Wita. 

"Dari jumlah ternak di kapal pertama, terdapat empat ekor sapi jantan dan 27 ekor sapi betina. Lalu saat penangkapan pada kapal kedua terdapat 40 ekor sapi betina dan 21 ekor sapi jantan," ucap Komandan Pos TNI AL, Peltu Muhammad.

Sambungnya, Dari jumlah keseluruhan 92 ekor sapi, tiga di antaranya mati disebabkan kelelahan saat perjalanan," kata Peltu Muhamad saat diwawancarai di Pelabuhan Tanjung Bima, Sabtu (13/2/2021) sore. 

Dari penuturan Anak Buah Kapal (ABK), semula puluhan sapi itu didatangkan dari Flores NTT dan hendak dibawa ke tiga pemiliknya yakni SS, BL, BH. Ketiganya warga asal Dusun PaliSondo, Desa Sondo Sia, Kecamatan Bolo, Kabupaten Bima

"Tidak satu pun dari puluhan ternak yang dibawa tidak memiliki surat-surat jual beli, rekomendasi pelepasan dari dinas terkait, serta bukti angkutan dari daerah asal yakni pelabuhan di Flores," kata Muhamad.(Red,KO .O6)

No comments

Powered by Blogger.