Program Pansismas Tak Berjalan Aktif, Beberapa Warga Ncandi Keluhkan

Bima,KabaroposisiNTB.Com--Program air bersih pemerintah provinsi Pansismas bagi desa Ncandi kecematan Madapangga, tak berjalan mulus dan tak sesuai komitmen awal saat program itu dicanangkan di desa tersebut. 

Akibat macetnya air beberapa warga dan pemerintah desa disibukan dengan memantau aliran air di lokasi Bak, pada Kamis 25 Februari 2021. 

Suaeb salah satu warga pada media ini menjelaskan program ini tak sesuai komitmen awal yakni Bak dan pipa beserta lainnya tak maksimal hingga air sering macet bagi warga yang jauh dari lokasi Bak air di lokasi Cabang Kampila desa Ncandi. 

"Belum lagi, tatkala listriknya macet air akan terhambat di lokasi dia tinggal," ungkap Suaeb. 

Lain hal disampaikan Mansyur, dia merasa kasihan saja bagi masyarakat yang jauh dari cabang kampila. Kalau ada hambatan air ngga akan mengalir," katanya. 

"Dirinya mengakui, kalau selama ini mereka memakai aliran listrik yang mereka bayar tiap bulan untuk menghidupkan Bak tersebut tapi dinilai ngga maksimal. Pasalnya, beberapa warga tak membayar akhirnya mesin tak jalan," akurnya. 

Pada kesempatan yang sama di Cabang Kampila Kepala Desa (Kades) Ncandi  Mansyur H M Said membenarkan bahwa program ini tak maksimal guna memenuhi kebutuhan air bagi warganya. 

"Ada beberapa kendala, termasuk pipanisasi dan bak, belum lagi pembayaran Pln guna menghidupkan mesin penampung air. Apalagi pipanisasi yang dipasang melalui program pansimas tak maksimal akhirnya air tak mengalir dengan baik," tutur Kades. 

Ia mengaku telah tiga kali program ini masuk di desanya akan tetapi selalu ngga maksimal pemanfaatannya. Terlepas apakah listrik, pipanisasi dan lain lainnya yang menjadi kendala," tambah kades.

Ditegaskan dia, kalau seandainya program tak maksimal dan dibebani kepada warga lebih baik kembali kepada PDAM aja," pintanya bukan tak setuju dengan program ini," akur kades. 

Firman pelaksana program Pansimas di tahun 2020 membantah kalau program ini tak maksimal. Hanya saja peran masyarakat juga dibutuhkan demi lancarnya air, baik untuk bayar Pln dan lain lainnya.

"Disisi Pipanisasi dan bak semua bagus di tahun 2020," terang Firman.(KO.O4)

No comments

Powered by Blogger.